Sabtu, 24 Agustus 2019

Listrik Dinamis: Arus Listrik

Setelah mempelajari berbagai topik tentang listrik statis pada materi sebelumnya, sekarang penulis akan membagikan topik tentang listrik dinamis. Pembaca tentunya masih ingat bahwa listrik dinamis adalah listrik yang muatannya bergerak. Kali ini, kita akan membahas tentang arus listrik.

Sumber gambar: pengertianilmu.com

Pengertian dari arus listrik ialah banyak nya muatan listrik yang di sebab kan dari pergerakan elektron – elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu nya. Jadi, ketika elektron berpindah, arus listrik terbentuk.


Rumus arus listrik adalah

Sumber gambar: belajarelektronika.net
I = arus listrik (A)
Q = muatan (C)
t = waktu (s)

Contoh soal
  1. Sebuah arus listrik yang melalui hambatan dalam suatu rangkaian dengan besar arus listrik nya yaitu 4,0 ampere dan dalam waktu 10 sekon, maka berapakah besar muatan listrik nya ?
Jawab :
Dik ketahui = I =  4,0 ampere
                         t = 10 sekon
ditanya = berapakah besar muatan listrik nya ?
Jawab  = I = Q/t
  4,0 ampere = Q/10 sekon
                    Q = 4,0 ampere x 10 sekon
                    Q = 40 C

Info singkat



Biografi Andre Marie Ampere Penemu Hukum Ampere Dari Perancis
Sumber gambar: www.amongguru.com
.

André-Marie Ampère, lahir pada 20 Januari 1775 di wilayah St. Nizier, Lyon. Ia adalah salah satu pelopor di bidang elektrodinamika (listrik dinamis) dan ilmuwan pertama yang mengembangkan pengamatan terhadap fenomena listrik dan magnet.
Ia sendiri tidak pernah duduk di bangku sekolah. Sebagian besar pendidikannya diperoleh dari ayahnya sendiri.
Memasuki usia 12 tahun, Ampere telah menguasai hampir semua hal tentang matematika pada saat itu. Namun, pendidikannya terbentur ketika Revolusi Perancis. Pada 1793, pasca sebuah pertempuran antara pendukung monarki dan republik meletus di sekitar wilayah kediamannya. Ayahnya ditangkap pihak republik dan dipenggal.
Butuh tiga tahun bagi Ampere untuk melupakan trauma sebelum bertemu dengan Julie Carron, wanita yang kemudian menjadi istrinya dan memberinya satu anak. Pada 1802, Ampère ditunjuk sebagai Profesor fisika dan kimia pada École Centrale di Bourg-en-Bresse. 
Hanya setahun mengecap sukses, istrinya wafat pada 1803 dan membuatnya memutuskan untuk pindah ke ibukota Perancis. Setahun berikutnya, tepatnya 1804, Ampère mengajar di Ecole Polytechnique dan diangkat sebagai profesor matematika pada 1809.
Meneruskan penelitian Hans Christian Ørsted, ahli fisika kelahiran Denmark, yang menemukan jarum kompas bergerak jika ditaruh di dekat kawat berarus listrik,  Ampere menggabungkan riset tersebut dengan medan magnet. Ia menemukan kumparan berarus listrik bisa bersifat sebagai magnet yang kuat. Bergantung pada jenis aliran listrik, kumparan bisa saling menarik atau menolak satu sama lain. Hal itu merupakan salah satu sumbangan terbesar fisikawan Perancis pada dunia dikenal dengan nama Hukum Ampere, besar aksi dan reaksi dua kumparan beraliran listrik berbanding lurus dengan panjang kawat dan intensitas arus - teorem dasar yang menjadi cikal bakal cabang ilmu elektro-magnetik dalam fisika modern.
Pada 10 Juni 1836, André-Marie Ampère meninggal dunia di Marseille, Perancis.
Penerapan dalam kehidupan sehari-hari
Dimanfaatkan untuk lampu LED

Sumber gambar: sains.kompas.com
Dulu pemanfaatan arus listrik searah ini adalah untuk pembuatan generator listrik, yang mana kemudian dimanfaatkan oleh Thomas Alfa Edison untuk pembuatan lampu pertama kalinya. Sampai sekarang, pemanfaatan arus listrik searah ini masih digunakan untuk menyalakan lampu LED. Sehingga untuk mendapatkan manfaat lampu LED diperlukan arus listrik searah, yaitu untuk memberikan penerangan dan kenyamanan bagi manusia untuk melakukan aktivitas atau pekerjaannya. Tidak hanya lampu LED saja, namun juga lampu pada mobil ataupun kendaraan bermotor lainnya.
2. Dimanfaatkan untuk komputer

Sumber gambar: maxmanroe.com
Komputer merupakan salah satu benda elektronik yang keberadaannya sangatlah penting di kehidupan manusia, baik untuk menyelesaikan pekerjaan, sekedar untuk mendapatkan hiburan semata ataupun untuk mendapatkan manfaat dunia maya dalam berbagai bidang. Komputer menyala dengan menggunakan manfaat dari arus listrik searah, yang sebelumnya dihubungkan dahulu dengan arus AC atau arus bolak balik sebelum diubah adaptor menjadi arus searah.
3. Dimanfaatkan untuk televisi

Sumber gambar: wowasiknya.com
Salah satu manfaat sumber arus listrik bagi kehidupan manusia secara tidak langsung adalah untuk memberikan informasi, salah satunya melalui televisi. Tidak hanya dalam penggunaan televisi, penggunaan arus searah juga bermanfaat dalam pembuatan radio. Sehingga secara tidak langsung, adanya arus searah ini juga dapat membantu manusia untuk mendapatkan informasi cepat bahkan dari jarak jauh secara real time.
Dimanfaatkan untuk baterai

Sumber gambar: cocogrosir.com
Salah satu manfaat arus listrik searah dalam kehidupan sehari hari paling utama adalah digunakan sebagai power supply. Yang mana manfaat ini akan didapatkan salah satunya dengan adanya baterai. Jika dilihat, semua baterai untuk benda elektronik memiliki simbol plus minus yang merupakan tanda arus searah. Untuk berbagai macam bentuk baterai dari yang berbentuk bulat pipi, silinder, kotak dan lain sebagainya.
5. Dimanfaatkan untuk menghidupkan barang elektronik
Sumber gambar: surabaya.tribunnews.com
Dengan penggunaan arus searah untuk pembuatan baterai, tentunya bisa digunakan untuk mendapatkan berbagai macam manfaat benda elektronik di kehidupan sehari-hari. Penggunaannya untuk dalam kehidupan sehari hari pun sangat bervariasi dari penggunaan senter, handphone, mainan anak, laptop dan lain sebagainya. Ini membuktikan bahwa keberadaan arus searah ini sangatlah penting untuk menunjang berbagai aspek kehidupan manusia.

Kesimpulan
  • Hal yang saya pelajari dari topik arus listrik yaitu hal yang sangat kecil (seperti pergerakan elektron-elektron) memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan sehari-hari (seperti menghidupkan barang elektronik).
  • Perspektif alkitabnya, pada Filipi 4 : 19, ditulis bahwa "Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.". Tuhan telah mengetahui kebutuhan manusia sehari-hari sehingga Ia menciptakan listrik untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sehingga manusia bisa menggunakan lampu dan barang elektronik dan mencari pendapatan melalui mesin-mesin. 
Latihan soal
Arus sebesar 2 Ampere mengalir melalui kawat selama 8 sekon. Tentukan besar muatan melewati suatu titik dan banyaknya elektron pada muatan tersebut!(Muatan satu elektron adalah 1,6 x 10-19 Coulomb)
kunci jawaban: 16 Coulomb, 10 x 1019 elektron.

Referensi

  • https://rumus.co.id/arus-listrik/
  • https://m.merdeka.com/andre-marie-ampere/profil/
  • https://www.google.com/amp/s/manfaat.co.id/manfaat-arus-listrik-searah/amp?espv=1
  • https://www.google.com/amp/s/gurumuda.net/contoh-soal-arus-listrik.htm/amp%3fcontoh-soal-arus-listrik_htm?espv=1



3 komentar:

Alat Ukur Listrik Alat ukur listrik adalah alat yang digunakan untuk mengukur besaran – besaran listrik yang mengalir seperti hambatan l...