Sabtu, 07 September 2019

Alat Ukur Listrik

Alat ukur listrik adalah alat yang digunakan untuk mengukur besaran – besaran listrik yang mengalir seperti hambatan listrik (R), Kuat Arus listrik (I), Beda Potensial listrik (V), Daya listrik (P), dan lainnya.
Alat ukur hambatan listrik disebut ohmmeter. Alat ukur kuat arus listrik disebut amperemeter. Alat ukur beda potensial listrik disebut voltmeter dan alat ukur daya listrik disebut wattmeter. 

Sumber gambar: barkeleymecha.org
Alat pada gambar di atas adalah amperemeter. Amperemeter adalah alat ukur kuat arus listrik.

Ilustrasi alat ukur listrik dapat dilihat pada gambar di bawah

amperemeter

Untuk mengetahui besar nilai ukurnya, dapat diperoleh melalui persamaan di bawah.

Cara Membaca Alat Ukur
  \[\textrm{Hasil Ukur} = \frac{\textrm{skala ditunjuk}}{\textrm{skala maksimal}} \times \textrm{Batas Ukur} \]

Cara Membaca Amperemeter

Setelah mengetahui bentuk alat ukur listrik pada pembahasan di atas, sekarang mari kita belajar cara membaca amperemeter.
Untuk membaca nilai arus yang ditunjuk, ada beberapa hal penting yang arus kita perhatikan. Pertama kita harus tahu berapa skala maksimum amperemeter yang kita gunakan untuk mengukur arus, berapa nilai skala yang ditunjuk dan

Cara Membaca Amperemeter

Dari gambar di atas dapat kita lihat bahwa skala maksimum dari amperemeter tersebut adalah 3 dan batas ukur arus sebesar 3A. Karena batas ukur 3A maka arus yang dapat diukur dengan alat ini adalah kurang dari sama dengan 3A.
Hasil pengukuran dari amperemeter dapat dihitung dengan persamaa diatas.

Contoh :
1. Jika jarum penunjuk menunjukan sebuah nilai misalkan 2 dan skala maksimim adalah 3 kemudian batas ukur dari alat tersebut adalah 3A. Maka nila hasil pengukuran adalah
Cara Membaca Nilai Hasil Pengukuran Amperemeter
Cara Membaca Nilai Hasil Pengukuran Amperemeter

2. Jika skala terbaca pada sebuah amperemeter 70, skala maksimumnya 100, dan batas ukurnya 10 A dihubungkan melalui kabel dengan hambatan 10 ohm ke sebuah lampu, berapakah daya lampu tersebut?
Dik: skala yang ditunjuk= 70
        Skala maksimum= 100
        Batas ukur = 10 A
        Hambatan = 10 ohm
Dit: P
Cara Membaca Nilai Hasil Pengukuran Amperemeter

Arus listrik = 7A
P = IRI
P= 7.10.7
P = 490 watt. 

Info singkat 
James Watt dianggap sebagai salah satu penemu terpenting yang pernah ada. James Watt lahir di Greenock, Skotlandia, 19 Januari 1736 – dan wafat di Birmingham, Inggris tanggal 19 Agustus 1819. James Watt seorang insinyur besar dari Skotlandia, Britania Raya. Ayahnya bernama James Watt dan Ibunya bernama Agnes Muirhead.
James Watt adalah orang yang berhasil menciptakan mesin uap pertama yang efisien. Ternyata mesin uap ini merupakan salah satu kekuatan yang mendorong terjadinya Revolusi Industri, khususnya di Britania dan Eropa pada umumnya.

Untuk menghargai jasanya, nama belakangnya yaitu Watt digunakan sebagai nama satuan daya, misalnya daya mesin dan daya listrik.

Kegunaan dalam kehidupan sehari-hari

  • Amperemeter biasa dipasang bersama alat yang akan diukur arusnya, misalnya pada Jet pump.

       Sumber gambar: perkakasku.com
       gambar jet pump
  • Amperemeter juga biasanya dipasang pada panel box untuk diukur arus listriknya. 
     Sumber gambar: indiaMart.com
  • Untuk mengetahui berapa kuat arus listrik yang mengalir pada suatu rangkaian. Misalnya pada rangkaian listrik di rumah. 
  • Mengetahui daya (watt). Dengan mengetahui arus listrik dan hambatan, kita juga dapat mengetahui daya listrik karena rumus daya adalah P=IRI.
Kesimpulan

  • Ketika Tuhan menciptakan sesuatu, Tuhan juga pasti menciptakan cara untuk memgukurnya. 
  • Kita dapak mengukur arus listrik menggunakan alat ukur lostrik (Amperemeter). 
Referensi
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://wijayaelektrik.com/blog/81_Jenis-Jenis-Alat-Pengukur-Tegangan-Listrik.html&ved=2ahUKEwjG1ZTNwLzkAhXbSH0KHTjMCX4QFjABegQIBhAB&usg=AOvVaw33CCxhatw454ezevr-tCF_

https://idschool.net/umum/cara-membaca-ampermeter/

https://www.gammafisblog.com/2019/07/cara-membaca-amperemeter-voltmeter-dan.html?m=1
https://www.biografiku.com/biografi-james-watt/




4 komentar:

  1. Good job! The information is very easy to understand but maybe work on being more consistent with the font! Keep up the good work!

    BalasHapus
  2. The explanation is already pretty good, but as Joy said above, the font still needs to be more consistent, nice work though

    BalasHapus

Alat Ukur Listrik Alat ukur listrik adalah alat yang digunakan untuk mengukur besaran – besaran listrik yang mengalir seperti hambatan l...