Minggu, 01 September 2019

GGL dan Teganagan Jepit

Pada tulisan kali ini, penulis akan menjelaskan tentang GGL (gaya gerak listrik) dan tegangan jepit secara bersamaan karena keduanya saling berhubungan.

GGL atau gaya gerak listrik merupakan beda potensial antara ujung-ujung penghantar sebelum dialiri arus listrik. Gaya gerak listrik disingkat dengan GGL, dengan satuan volt.


Tegangan jepit adalah tegangan pada ujung-ujung sumber tegangan ketika mengalirkan arus listrik. Suatu sumber tegangan,  misalnya baterai mempunyai hambatan dalam (r) sehingga ketika beterai mengalirkan arus pada rangkaian tertutup, tegangannya akan menurun.


Rumus
Rumus berikut merupakan hubungan antara GGL dan tegangan jepit. 





Contoh soal
1. Sebuah generator menghasilkan ggl 120 V. Tegangan jepitnya adalah 110 V jika mengeluarkan arus 20 A. Hambatan dalam generator adalah...
VJepit = IR
110 = 20R
R = 5,5 Ω

5,5 = 120 - 20r
r = 0,2 Ω

Penerapan dalam kehidupan sehari-hari
Sumber Gaya Gerak Listrik (GGL) dapat mengubah energi kimia, energi mekanik, dan bentuk energi yang lain menjadi energi listrik. Contoh sumber Gaya Gerak Listrik (GGL) yang sudah familiar di dalam kehidupan sehari-hari adalah baterai dan generator.


  • Contoh tegangan jepit bisa kita ambil contoh dalam praktek pengukuran tegangan pada batu baterai, yang mana batu baterai tersebut telah terhubung dalam sebuah rangkaian tertutup, yaitu dihubungkan ke sebuah beban misalknya yaitu lampu pijar. Maka beda potensial yang terjadi diantara kutub positif dengan negatif pada baterai tersebut bisa disebut sebagai tegangan jepit. Hal tersebut bisa dilihat ketika tegangan di ukur, ternyata besarnya tidak sama dengan ketika baterai tidak dipakai untuk menyalakan lampu pijar. Apabila sebelumnya baterai tersebut mempunyai tegangan 4,5 volt, maka ketika telah terhubung dengan rangkaian, tegangan jepitnya sebesar 4,2 volt.
  • Generator listrik bukanlah alat yang dapat menghasilkan listrik namun hanya mengubah energi ke dalam bentuk lain. Untuk mengubah gerak menjadi energi listrik, prinsipnya dengan memanfaatkan energi gerak sesuai dengan hukum faraday yaitu "Jika terjadi perubahan medan magnet yang terhubung ke sebuah kawat loop tertutup, maka akan menimbulkan gaya gerak listrik". Yang dimaksud dengan gaya gerak listrik adalah gaya yang bisa memindahkan elektron atau arus listrik. Dalam konstruksinya medan magnet yang dimaksud dipasang sedemikian rupa sehingga ketika terjadi gerakan/putaran di antara kutub utara-selatan akan menghasilkan induksi listrik 
Kesimpulan
  • Perspektif alkitab yang saya pelajari dari tegangan jepit adalah Tuhan menciptakan dan mengatur setiap gaya dan bagian bagian dari semua benda agar bermanfaat bagi kehidupan manusia. 
  • Hal yang saya pelajari yaitu ketika arus listrik dialirkan dalam sebuah rangkaian, maka tegangan dari sumber listriknya akan menurun. 




Referensi
https://www.ayo-sekolahfisika.com/2018/08/soal-gaya-gerak-listrik-ggl-dan-pembahasannya.html?m=1
https://thegorbalsla.com/gaya-gerak-listrik/
https://panduanteknisi.com/prinsip-kerja-generator.html

3 komentar:

Alat Ukur Listrik Alat ukur listrik adalah alat yang digunakan untuk mengukur besaran – besaran listrik yang mengalir seperti hambatan l...